Bahaya Bahan Kimia

16.14
Bahaya Bahan Kimia


Memang bahan kimia itu bisa bermanfaat bagi manuisa, tetapi juga memiliki efek samping yang sangat berbahaya bagi manusia. Berikut ini efek samping yang ditimbulkan dari bahan kimia.

1. Efek samping dari produk pembersih rumah tangga
Efek samping yang ditimbulkan dari sabun atau detergen yaitu dapat menimbulkan busa dan akan mejadi limbah rumah tangga.
Dan busa yang yang ditimbulkan oleh sabun tersebut dapat diuraikan oleh mikroorganisme yang terdapat di dalam tanah. mungkin anda bertanya – tanya mengapa bisa demikian? Sebenarnya apa si bahan yang terdapat di dalam sabun tersebut ? Hal in bisa terjadi karena sabun ini memilki bahan penyusun detergen terdiri atas senyawa berantai lurus dan panjang yang disebut linear alkylbenzene sulphonate dan memiliki senyawa rantai bercabang yang disebut alkyl benzene sulphonate. Senyawa LAS lebih mudah diuraikan oleh mikroorganisme dibanding dengan senyawa ABS. Tetapi kalau LAS itu hanya bisa terdegradasi  dalam lingkungan aerob. Benzalkonium klorida biasanya terdpat dalam bahan kimia yang aktif digunaakan untuk pembersih lantai. Zat ini juga bersifat detergen sekaligus sebagai desinfektan, memiliki sifat kaustik dan juga korosif. Hati – hati dengan produk pembersih ini, karena jika terkena mata akan menyebabakan gangguan sperti gatal bahkan bisa merusak kornea mata. Selain itu juga konsentrsi berlebih bisa mengiritasi kulit.
Berikut ini pencegahan yang dapat kita lakukan agar tidak terkena efek samping dari bahan kimia pembersih tersebut yaitu:

  • Gunakan sodium dodesil sulfat yang terdapat dalam detergen agar mudah diurai.
  • Pakailah detegen dengan konsentrsi yang encer dan memilki kandungan kadar ABS yang rendah.
  • Jauhkan sabun dari jangkauan anak – anak


2. Efek samping dari produk pemutih
Senyawa klorin yang terdapat dalam produk pemutih itu akan merusak  serat kain warna pakaian. Selain itu juga bisa menyebabkan iritasi yang terjdi pada kulit kita.
Untuk menghindarinya maka kita harus memilih produk berikut ini.

  • Jenis pemutih yang mengandung merkuri harus kita hindari
  • Gunakan produk pemutih hanya untuk membersihkan noda yang sulit dihilangkan.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.