Faktor Produksi Modal

13.27


Suatu produksi tentu membutuhkan modal yang cukup. Disamping faktor produksi alam dan tenaga kerja, produksi juga membutuhkan faktor produksi lain berupa peralatan yang dibutuhkan. Dalam memproduksi banyak memerlukan peralatan misalnya berupa mesin - mesin, alat pengangkutan, sarana pengangkutan dan bangunan lain.

Pada umumnya modal itu bisa berupa benda - benda hasil produksi yang digunakan untuk proses produksi barang dan jasa - jasa lainnya. Manfaat faktor produksi modal yaitu sebagai sarana untuk mempercepat dan menambah kemampuan dalam produksi itu sendiri.

Dapat kita bayangkan, bagaimana jika suatu produksi tidak memenuhi sarana yang dibutuhkan tersebut. Mungkin suatu produksi tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Berikut ini adalah faktor produksi modal tersebut.

Modal bisa didapatkan melalui sumber, bentuk, kepemilikan, dan sifatnya.

A. Pembagian modal berdasarkan sumbernya.

  1. Modal sendiri adalah modal yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri. Misalnya setoran modal dari miliknya sendiri.
  2. Modal asing adalah modal yang ada dari luar perusahaan. Misalnya meminjam dari bank atau bisa juga dari penjualan obligasi.


B. Pembagian modal berdasarkan bentuknya.

  1. Modal konkret yaitu modal yang dapat dilihat secara nyata pada produksi tersebut. Misalnya mesin, gedung, mobil dan peralatan lain.
  2. Modal abstrak, yaitu modal yang tidak mempunyai ciri bentuk nyata, tapi memiliki nilai bagi perusahaan tersebut. Misalnya hak paten, hak merek, dan goodwill.


C. Pembagian modal berdasarkan pemilikan.

  1. Modal individu (perorangan), merupakan modal yang berasal dari diri sendiri dan hasilnya menjadi sumber pendapatan bagi pemiliknya. 
  2. Modal umum, yaitu modal yang dimiliki oleh pemerintah yang digunakan untuk kepentingan umum pada produksi. Misalnya rumah sakit milik pemerintah, jalan raya, jembatan, pelabuhan, reboisasi dan sebagainya.


D. Pembagian modal berdasarkan sifatnya.

  1. Modal tetap, adalah jenis modal yang dapat dimanfaatkan secara berulang - ulang. Misalnya, sebuah mesin dan bangunan - bangunan pabrik lainnya.
  2. Modal lancar, adalah modal yang habis dipakai untuk satu kali melakukan produksi, misalnya bahan - bahan baku. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.