Variasi Laporan Keuangan

22.55
Variasi Laporan Keuangan


Laporan keuangan itu memiliki berbagai macam jenis antara lain sebagai berikut.
  1. Balance sheet atau neraca. Nah, yang termasuk ke dalam kategori balance sheet itu adalah aktiva, modal, liabilitas dan kewajiban.
  2. Income statement. Kalau income statement ini biasanya laporan yang berkaitan dengan laporan keuangan tentang laba – rugi perusahaan. Perlu kita ketahui pula bahwa akun – akun yang termasuk ke dalam laporan laba – rugi itu pendapatan, beban – beban, total beban dan keterangan laba – rugi.
  3. Capital statement. Tahukah anda bahwa laporan capital statement ini adalah laporan keuangan yang berkaitan dengan perubahan modal atau perubahan ekuitas. Akun – akun yang termasuk ke dalam capital statement ini adalah modal awal, laba, prive, dan modal akhir.
  4. Selanjutnya kita beranjak ke laporan arus kas. Perlu kita ketahui dahulu bahwa laporan arus kas ini merupakan laporan yang berisi tentang informasi mengenai rangkuman penerimaan dan pengeluaran kas di dalam suatu perusahaan yang telah terjadi selama satu periode. 
  5. Yang terakhir yaitu ada laporan atas laporan keuangan
Yang termasuk ke dalam kategori laporan arus kas itu yaitu :

Ada arus kas dari aktivitas operasi. aktivitas penghasil utama dari pendapatan perusahaan dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi serta aktivitas pendanaan.
Berikut ini arus kas yang berasal dari aktivitas operasi antara lain:
a. Penerimaan kas dari penjualan barang maupun jasa
b. Bisa juga penerimaan kas dari pelanggan
c. Selain itu juga ada yang dari penerimaan bunga
d. Pembayaran kepada pemasok
e. Selain itu juga bisa pada karyawan
f. Pembayaran listrik, telepon iklan dan lain – lain
g. Pembayaran bunga, pajak dan penerimaan pengemabalian pajak.

Arus kas dari aktivitas investasi. perolehan dan pelepasan aktiva jangka panjang serta investasi lain yang tidak termasuk setara kas.

Arus kas dari aktivitas pendanaan. Nah kalau aktivitas pendanaan itu bisa mengakibatkan perubahan dalam jumlah serta komposisi modal pinjaman perusahaan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.