Inilah Beberapa Keunikan Burung Hantu Tyto Alba

16.33

Burunghantu sering dikatian kan dengan kekuatan sihir dan sesuatu yang berbau supranatural. Karena itu kita sering melihat burung hantu di film – film dan novel yang berbau sihir maupun horor. Namun dibalik kaitannya dengan hal-hal yang berbau supranatural burung hantu memiliki bentuk yang sangat indah seperti burung hantu lembung atau yang disebut tyto alba. Di artikel ini akan kita bahas beberapa keunikan yang ada pada tyto alba.

Tyto alba memiliki kemampuan yang baik dalam menangkap mangsanya. Hal ini disebabkan karena ada beberapa bagian tubuh tyto alba yang mendukung burung hantu ini menjadi pemburu yang luar biasa. Kehebatan pertama yang dimiliki tyto alba adalah kemampuan terbang mereka yang unik. Kemampuan ini sangat berbeda dengan jenis- jenis burung predator lainnya yang mengandalkan kecepatan dan kejutan untuk memburu dan menerkam sasaran buruan mereka. Dalam perburuan mangsa tyto alba sangat tergantung pada cara terbangnya yang tanpa suara. Suara yang timbul akibat pergerakan sayap mereka diredam oleh semacam lapisan yang nampak seperti beludru di permukaan bulu – bulu sayapnya. Selain itu tepi sayap tyto memiliki rumbai – rumbai sangat halus yang juga berfugnsi untuk meredam bunyi kepakan sayap. Kemampuan terbang y ang tanpa suara ini membuat mangsa tidak akan mendengar bunyi kepakan sayap tyto alba. 

Kehebatan tyto alba berikutnya adalah mata nya yang memiliki penglihatan yang sangat tajam dan peka sehingga dapat melihat dalam kegelapan untuk mendeteksi lokasi mangsa. Bola mata tyto alba diketahui memiliki kedudukan tetap pada tempatnya menghadap ke depan dan memberikan penglihatan yang bersifat binokuler dan stereoskopi yang memiliki adaptasi yang sangat baik untuk  melihat pada intensitas cahaya yang sangat rendah. Kehebatan mata tyto alba juga didukung oleh pendengaran mereka yang yang menakjubkan. Tyto alba memiliki pendengaran yang tajam sehngga tahu persis dari mana suara berasal dan mampu menghafal bunyi tertentu terkait dengan jenis tertentu dari mangsanya. Hal ini disebabkan oleh bulu- bulu pendek dalam indra pendengaran tyto alba yang berfungsi sebagai pemantul suara yang sangat peka dan emngarahkan mereka terhadap sumber bunyi sehingga mampu mendeteksi lokasi mangsa baik dalam arah maupun jarak secara tepat walaupun dalam keadaan gelap total. 
Tyto alba tau burung hantu lembung adalah salah satu dari jenis burung hantu yang memiliki wujud yang unik dan bentuk wajahnya yang mirip bentuk hati serta warna bulunya yang sebagian besar berwarna abu – abu keputih-putihan. Selain kehebatan mereka dalam menangkap mangsanya yang luar biasa tyto alba juga dikenal dengan kemampuan mereka yang bergerak tanpa mengeluarkan suara. Keunikan seperti inilah yang menyebabkan burung hantu lembung ini dikaitkan dengan pertanda- pertanda misteri seperti sihir dan kematian. Dalam sepanjang sejarah tyto alba digunakan simbol dalam berbagai mitos. Burung hantu yang memiliki panjang tubuh 25 sampai dengan 50 cm lebar sayap 75 cm sampai dengan 110 cm dan berat sampai dg 800 gram ini memiliki kemampuan yang baik dalam menangkap mangsa mereka yaitu tikus. Mata dan indra pendengaran tyto alba dimanfaatkan sebagai pembasmi yang cukup efektif untukdimanfaatkan sebagai pembasmi  hama tikus. 

Untuk penyebaran nya sendiri burung hantu jenis ini bisa ditemui di semua tempat di muka bumi ini kecuali di daerah kutub, gurun, pegunungan di asia utara, sebagian besar daerah mikronesia dan pulau- pulau di kawasan pacific.

Tyto alba baru dideskripsikan secara resmi pada tahun 1769 oleh seorang naturalis naturalis berkebangsaaan Italia bernama Geovani Scopoli. Nama tyto alba terdiri dari kata alba yang diambil dari bahasa latin yang berarti putih. Hal ini dikatiakn karena burung ini memiliki bulu yang berwarna putih. Kemudian nama tyto diambil dari bahasa Yunani yang berarti burung hantu. Dan burung yang tersebar di berbagai negara ini memiliki banyak sekali nama dan gelar yang berhubungan dengan bentuk, karaktersitik dan sifatnya yang unik. Selaindikenal dengan nama barn owl atau burung hantu lumbung ada beberapa nama yang diberikan pada burung hantu ini seperti white owl atau burung hantu putih silver owl atau burung hantu perak. Tyto alba juga dijuluki diamond owl. Selain itu ada sebutan- sebutan lain dari tyto alba seperti night owl, monkey face owl karena sebagian orang menyebutkan tyto alba berwajah seperti salah satu spesies monyet. 

Burung hantu memiliki bahasa tubuh yang eksrepsif. Salah satu bahasa tubuh mereka yang terkenal adalah gerakan putar kepala. Tyto alba akan memutar- mutar kepalanya jika penasaran dengan sesuatu. Dan hal ini merupakan bukti tentang kemampuan mereka dalam memandang tiga dimensi. Kemampuan mereka memutar kepala ini bisa terjadi karena mereka memiliki lehre yang sangat fleksibel sehingga kepalanya dapat berputar 270 derajat. Para olmuwan telah menemukan rahasia dibalik memampuan burung hantu memutar kepalanya tanpa menghambat suplai darah di leher. Hal ini memungkinkan karena struktur tulang yang unik dan sistem vascular membuat mereka bergerak dengan tingkat fleksibiltas yang tinggi. Tyto alba dan bebrapa jenis burung hantu lain nya memiliki pembuluh – pembuluh kecil antara arteri korotis dan frontalis yang memungkinkan darah dipertukarkan  antara dua pembuluh tsb. Hal ini membaut aliran darah ke otak tidak terganggu. Kondisi seperti ini memberi kesempatan bear bagi burung hantu untuk melihat sekeliling tanpa harus mengindahkan tubuh mereka yang akan mengagetkan mangsanya. 

Salah satu keunikan lainnya yang tyto lba miliki adalah perilaku makannya. Tyto alba dapat menelan utuh mangsanya jika ukuran mangsa nya kecil seperti serangga atau membaginya dalam ukuran kecil sebelum ditelan bila mangsanya berukuran agak besar. Saat memakan mangsa yang berukuran agak besar seperti tikus atau anak kelinci tyto alba pandai memilah bagian mana saja yang akan mereka makan dari tubuh mangsanya. Biasanya daging dan bagian yang lunak dar itubuh mangsa akan dicerna sementara bulu – bulu dan tulang – belulang tidak akan dimakan. Makanan utama dari tyto alba adalah hewan bertulang belakang terutama hewan pengerat. Mereka akan berburu mangsa tsb setelah senja dan perburuan selanjutnya adalah kurang lebih beberapa  jam sebelum subuh. Namun jika mereka sedang membesarkan anak mereka akan aktif berburu sepanjang malam. 

Itulah beberapa keunikan si burung hantu cantik tyto alba.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.