Apakah Aliran Jabariyah Itu?

15.49
Apakah Aliran Jabariyah Itu


Aliran jabariyah ini adalah paham yang menyebutkan kalau perbuatan manuisa itu terpuji atau tercela telah ditentukan oleh Allah. Itu artinya manusia tidak punya kendali atas perbuatannya tersebut.

Berikut ini doktrin dari ajaran jabariyah
1. Allah itu tidak memiliki sifat yang sama dengan makhluknya.
2. Iman itu membenrkan dalam hati
3. Manusia itu tak mampu berbuat apa-apa
4. Kalam Tuhan adalah makhluk
5. Surga dan neraka tidak kekal dan tidka ada yang kekal selain Allah

Jadi, Selain Allah itu tidak ada yang kekal surga dan neraka pun tidak kekal. Menurut pemahaman bagi orang yang menganut paham jabariyah ia mengatakan bahwa manusia itu hanya sebatas wayang saja yang digerak – gerakan oleh dalang. Sehingga manusia itu tidak mampu berbuat apa – apa dan tentu terpaksa dalam segala perbuatan yang akan ia lakukan dalam menjalani kehidupan sehari – harinya. Orang – orang yang memiliki paham jabariyah sudah pasti ia tahu,bahwa dia hidup di dunia ini menurut aturan yang telah di tetapkan oleh Allah. Selain itu mereka pun yakin bahwa tidak ada makhluk apa pun yang dapat hidup dengan kekal, sekali pun surga dan neraka. Jadi hanya allah lah yang akan hidup kekal untuk selama – lamanya.

Oleh karena itu kita harus menuruti segala perintahnya dan supaya kita juga bisa menjauhi segala apa yang dilarang oleh Allah. Perlu kita ketahui bahwa manusia itu diibaratkan setetes air yang berada di lautan, jadi kita ini tidak mempunyai kekuasaan apa pun. Kita ini hanyalah sebagai seorang hamba yang semestinya sudah patuh terhadap pemiliki alam jagad raya ini. sungguh, sangat indah sekali ciptaan Allah ini, dan tidak ada satu pun yang dapat menandingi keindahannaya. Allah juga mempunyai tempat yang lebih indah dibanding dengan dunia. Bahkan dunia ini bisa diakatakan tak berarti apa  - apa jika diabndingkan dengan surganya Allah yang amat sangat indah. Surga itu hanya bagi orang orang yang sholeh dan sholehah saja.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.