Cara Mengatasi Sulit Tidur

21.37
Cara Mengatasi Sulit Tidur

Rasa resah, depresi, dan sulit tidur atau disebut juga dengan insomnia adalah masalah yang dapat mengganggu tidur malam yang nyenyak sehingga membuat aktifitas keesokan harinya juga akan terganggu. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mencoba mengatasinya dengan makanan yang mangandung asam amino trytophan, sedangkan makanan yang kaya akan asm amino trytophan  yaitu terdapat pada makanan mengandung protein tinggi.

Asam amonio trytophan dapat menaikan kadar serotin, sehingga dengan menambahkan pada menu makanan yang kaya akan asam amino trytophan  maka akan meningkatkan kualitas tidur anda.
Adapun makanan yang kaya akan asam amino trytophan yaitu, telur, daging, jamur, gandum, brokoli, asparagus, kembang kol, strobery, lobak, kacang almond, serta  makanan laut seperti ikan, kerang ataupun udang. Menu utama ini dapat pula ditambahkan makanan pencuci mulut seperti buah pisang, es krim, susu kedelai dan lain – lain. Anda bisa manambahkan menu diatas pada saat makan siang anda.

Selain makanan dengan kandungan asam amino juga ditunjang oleh makanan yang mengandungasam folat, vitamin B6 dan B12 juga sangat membantu meningkatkan kadar serotin dalam tubuh , dan maka akan memberikan efek kantuk.

Perlu diperhatikan pula bahwa dalam mengkonsumsi hidangan sebelum tidur jangan berlebihan seperti makanan yang pedas dan berminyak, serta buah – buahan yang masam. Makanan tersebut bukan membuat tidur nyenyak tapi justru akan berefek buruk seperti rasa panas ditenggorokan serta perut terasa mulas sehingga mengganggu waktu tidur.

Untuk membantu memudahkan kantuk, disamping mengkonsumsi makanan yagn mengandung protein tinggi juga perlu menghindari makanan yang membuat kita tetap terjaga yaitu makanan yang mengandung tyramine. Adapun makanan yang membuat kita tetap terjaga yaitu kismis, zaitun, camilan, jewawut, kacang – kacangan, serta alpukat. Makanan tersebut membuat kita tetap terjaga karena kandungan asam amino dari tyramin akan memicu otak kita tetap bekerja.

Makanan lainnya yang mengandung tyramine yaitu makanan laut yang diawetkan, lemak daging, keju, acar sayuran atau buah karena pada acar mengandung tyramine yang berasal dari proses penguraian protein serta tambahan asam cuka.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.