Apakah Teh Tubruk Itu, Mengapa Disebut Teh Tubruk?

15.03


Ada yang udah minum teh tarik belum guys? Ada yang tahu ngga kenapa teh ini dinamakan teh tarik? Kita jawab langsung aja ya. Ini karena cara pembuatannya minuman ini dibuat dengan menggunakan 2 cangkir stainless steel.cangkir atau mug yangsatu berisi air teh dan cangkir yang lainnya berisi air susu.
Air teh dan air susu dalam mug yang berbeda akan dicampur dengan cara memindahkan memindahkan isi cangkir yang satu ke cangkir yang lainnya secara bergantian dan berulang – ulang sehingga tercampur merata dan aroma nya keluar.

Nah cara mencampur inilah yang kalau dilihat seperti sedang menarik – narik guys, makanya disebut teh tarik. Jenis yang yang digunakan adalah dari jenis teh hitam sedangkan kalau susunya biasa dipake susu kental manis yang mudah kita jumpai di toko – toko atau mini market

Selain nikmat disajikan panas teh tarik juga enak disajikan dingin dengan ditambah es batu. Selain teh tarik jenis minuman lain yang masih terbuat atau berbahan dasar teh adalah teh tubruk. Sekarang kita tanya nich, kenapa dinamakan teh tubruk? Oke guys kita coba jawab ya.

Teh tubruk adalah teh yang dibuat dengan mencampurkan teh langsung dengan air kemudian langsung kita minum, tidak ada penyaringan. Jadi ciri khas teh tubruk adalah ada remah – remah daun teh yang mengambang di permukaan air tehnya. Daun teh nya akan mengambang di permukaan teh di gelas atau cangkir.

Teh tubruk populer sejak zaman dulu hingga sekarang. Namun dewasa ini ada beragam pilihan untuk menikmati secangkir teh. Selain yang tadi disebutkan di atas, yaitu teh tarik ada pula teh yang kalau disajikan kita tidak perlu terganggu dengan ampas tehnya. Teh jenis ini disebut teh celup.

Teh celup merupakan teh yang dikemas dalam kantong kecil yang dicelupkan ke air panas untuk membuatnya. Setelah air berubah warna menjadi coklat maka kantong teh bisa diangkat dan dibuang. Praktis air teh yang akan kita nikmati bersih tanpa ampas atau tidak berisi daun teh seperti halnya teh tubruk.

Namun guys, perlu kalian tahu ya bagi yang suka bikin teh celup, jangan biarkan kantong teh nya berada di dalam air teh yang mau kalian minum kantong teh mengandung klorin. Klorin merupkan desinfektan untuk membunuh bakteri sehngga kantong teh bisa tahan lama.


Dalam jumlah besar klorin yang masuk lewat air teh berbahaya bagi tubuh, so jangan biarkan kantong teh berada di dalam gelas atau cangkir kalian lebih dari 3 menit. Mengapa demikian? Karena jika kantong teh terendam di dalam air teh selama 3 menit akan menyebabkan klorin akan larut ke dalam air teh dan akan terminum bersama air teh yang kita minum. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.