Tanpa Prosedur Operasional Standar (POS) Kegiatan Dalam Suatu Organisasi Kurang Maksimal

22.49
Sebelum kita mengaplikasikan prosedurnya lebih baik kita mengetahui dahulu apa itu prosedur operasional standar (POS). Presedur operasional standar  merupakan pegangan hasil kerja serta proses kerja yang harus dikerjakan. Perlu kita ketahui bahwa prosedur operasional standar di kumpulkan secara tertulis mengenai prosedur kerja secara detil dan berurutan. Prosedur operasional standar yang baik itu dapat membuktikan konsistensi hasil kerja.  Prosedur operasional standar juga memiliki fungsi yaitu dapat memperlancar alur tugas serta bisa dijadikan sebagai dasar hukum jika terjadi penyimpangan.

Tanpa Pos Tentu Kegiatan Dalam Suatu Organisasi Kurang Maksimal


Selain memiliki fungsi, prosedur operasional standar juga memiliki tujuan tertentu yaitu bisa mengetahui fungsi dan peran karyawan dalam organisasi, organisasi juga bisa terlindungi, kegagalan dan duplikasi bisa dihindari. Prosedur operasional standar juga sangat penting untuk operasional sebuah organisasi. Dengan hadirnya POS kita bisa mencegah berbagai macam kondisi yang akan terjadi.

POS juga memiliki kelebihan yang bagus antara lain sebagai berikut.
1. Jika POS itu baik, maka bisa dijadikan pedoman dan menjadi alat komunikasi ang bagus yantara pelaksana dan pihak pengawas.
2. Bisa menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri pegawai.
3. Sebagi alat bantu training serta bisa mengetahui bagaimana kinerja pegawai yang baik.
Peranan POS itu sangat penting sekali dalam menjalankan sebuah organisasi. Bisa kita bayangkan jika dalm suatu organisasi tanpa prosedur tentu hasil yang diproduksi tidak akan maksimal. Dalam suatu organisasi banyak sekali aturan yang harus ditaati, bahkan jika kita tidak mengikutinya maka kita sendiri yang akan rugi. Prosedur operasional standar ini sudah diterapkan oleh organisasi-organisasi tertentu dan bisa menghasilkan suatu produk yang berkualitas. Jika kita mengrjakan suatu pekerjaan khususnya sebagai karyawan tentu  akan mengikuti prosedur yang ada di perushaan tersebut. Karena perusahaan atau organisasi tersebut telah membuat prosedur  opersional standar tersebut demi kenyamanan dan keamanan  bagi pihak karyawan dan pengurus lainnya yang bersangkutan. Jika terjadi masalah dengan pihak tertentu maka bisa diatasi dengan mudah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.