Manfaat Lensa cekung atau Lensa Negatif

15.38
Manfaat Lensa cekung atau Lensa Negatif


Lensa cekung atau lensa negatif itu bersifat menyebarkan sinar atau sering dikenal dengan sebutan divergen. Lensa cekung juga memiliki berbagai macam jenis. Tidak hanya lensa cembung saja yang beraneka ragam tetapi lensa cekung juga memiliki jenis yang berbeda-beda.

Berikut ini jenis- jenis lensa cekung antara lain:

  • Ada lensa cekung – cekung 
  • Ada juga lensa cekung – cembung 
  • Selain itu juga ada lensa datar - cekung


Nah, lensa cekung merupakan lensa yang berbentuk sedemikian rupa sehingga ketebalan bagian tengahnya lebih kecil dari pada bagian ujung-ujungnya. Bagaimana pembentukan bayangan pada lensa cekung? Dan apa yang diperoleh dari bayangan lensa cekung itu? Baik, sebelum kita mengupas tuntas bagaiman pembentukan bayangna pada lensa cekung, alangkah baikanya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa sih sinar – sinar istimewa dari lensa cekung ini? apakah lensa cekung mempunyai sinar – sinar istimewa? Ya, ternyata benar, bahwa lensa cekung juga meimiliki berbagai macam sinar istimewa.

Adapun Sinar istimewa lensa cekung yaitu:

  1. Jika ada sinar datang lewat pusat optik lensa itu tidak dibiaskan 
  2. Lain halnya dengan sinar datang. Kalau sinar datang sejajar sumbu utama itu akan dibiaskan seolah-olah berasal dari titik fokus. 
  3. Dan sinar datang seolah-olah menuju titik fokus lensa pertama maka akan dibiaskan sejajar sumbu utama.

Berikut ini ada beberapa bentuk bayangan pada lensa cekung untuk berbagai macam posisi yaitu:

  • Jarak benda berada diantara 2f2 dan f Dengan menggunakan sinar istimewa lensa cekung yaitu diperoleh bayangan yang bersifat maya, tegak dan diperkecil dan letak bayangan di depan lensa. 
  • Jarak benda lebih besar dari pada 2f2 Dengan menggunakan sinar istimewa lensa cekung di peroleh bayangan yang bersifat maya, tegak, diperkecil dan eltak bayangnanya di depan lensa. 
  • Benda diletkaan diantara f dan pusat lensa. Dengan menggunakan sinar istimewa lensa cekung diperoleh bayangan yang bersifat maya, tegak, diperkecil dan letak ayangnya di depan lensa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.