Sistem Organ Pernafasan

21.50
Tubuh manusia akan terjaga kesehatannya jika adanya keseimbangan antara organ tubuh yang satu dengan organ tubuh lainnya untuk berfungsi secara berkesinambungan. Sedangkan salah satu organ tubuh yang sangat penting yaitu organ pernafasan kemudian ditunjang dengan unsur – unsur kehidupan lainnya seperti ketenangan hidup, adanya keseimbangan gerak, keseimbangan emosi, keseimbangan energi dan adanya rasa semangat hidup.

Sistem Organ Pernafasan


Jika organ Pernafasan berfungsi dengan baik maka hal ini juga akan membantu membangkitkan energi tubuh untuk melawan penyakit yang datang. Jika energi tubuh dalam keadaan seimbang maka apabila tubuh terserang penyakit kemungkinan besar untuk sembuh. Dan tentunya energi ini juga ditunjang oleh udara sehat yang dihirup serta nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Jika tubuh kelebihan ion – maka energi akan menipis dan jika tubuh kelebihan ion + maka penyakit akan mudah timbul, maka dari itu perlu adanya keseimbangan ion tubuh.

Untuk menambah energi tubuh juga bekerjasama dengan sela – sel  darah merah, Oksigen (O2) akan masuk lalu menyebar keseluruh tubuh, dan oksigen ini akan masuk melewati sel – sel darah merah. Kemudian sel – sel darah merah akan mengangkutnya menuju organ – organ tubuh lainnya. Karena itu peredaran darah harus lancar jangan sampai terganggu. Tanpa oksigen, semua sel – sel tubuh tidak akan berfungsi dan kemudian mati.

Baik diluar tubuh ataupun didalam tubuh manusia memiliki dua zat yang berpengaruh pada kesehatan yaitu oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2). Kedua zat ini juga harus terjaga karena jika tubuh kelebihan zat karbondioksida (CO2) maka hal ini akan memudah penyakit yang masuk kedalam tubuh. Dan tubuh akan sehat jika oksigen didalam tubuh lebih banyak dari pada karbondioksida.

Agar tubuh cukup akan oksigen, organ  paru – paru harus terus aktif melakukan gerakan. Jika paru – paru tertekan kemudian udara akan keluar melalui organ pernafasan, hal ini terjadi ketika otot mengendur. Udara akan mengalir masuk, ktika diafragma otot rusuk berkontraksi kemudian tulang rusuk akan mengangkat kebawah dan keatas kemudian udara akan masuk melalui organ pernafasan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.