Arti Penting Cahaya Dalam Kehidupan

23.05
Arti Penting Cahaya Dalam Kehidupan


Bisa kita bayangkan jika di dunia ini tidak ada cahaya, tentu akan gelap gulita. Tidak hanya manusia yang memiliki karakter dan sifat, tetapi cahaya juga memiliki karakter dan sifat. Cahaya itu ada yang dianggap sebagai gelombang dan cahaya dianggap partikel. Ada juga yang disebut cahaya gelombang elektromagnetik. Nah, kalau cahaya gelombang elektromagnetik itu jadi untuk merambat tidak memerlukan medium. Perlu kita ketahui bahwa setiap benda yang tidak dapat bercahaya disebut benda gelap. Sedangkan setiap benda yang dapat mengeluarkan cahaya maka disebut sumber cahaya.

Berikut ini beberapa benda gelap yang dapat kita ketahui antara lain.

  1. Ada benda tembus cahaya. Jadi begini, kalau benda yang dapat meneruskan cahaya yang diterimanya maka disebut benda tembus cahaya. 
  2. Ada juga benda tak tembus cahaya. Berbeda lagi dengan benda tak tembus cahaya. Jadi kalau benda tak tembus cahaya itu benda yang tidak dapat meneruskan cahaya yang diterimanya.

Sebagai gelombang. Cahaya juga memiliki sifat-sifat gelombang salah satunya cahaya itu bisa merambat. Kita bisa mengetahui bagaiman sih bentuk perambatannya itu? Coba perhatikan matahari ketika masuk ke lubang rumah kita. Jika cahaya merambat membentuk sebuah garis lurus dan berdebu, itu adalah salah satu cara perambatan cahaya. Bisa juga kita lihat saat kita berada di ruangan yang gelap dan diluar ada cahaya matahari dan masuk melalui lubang kecil, nah itu artinya cahaya sedang merambat dalam arah gerak lurus.

Saat ada rintangan dan seberkas cahaya datang apa yang akan terjadi? Kita ambil contoh saat matahari sedang memancarkan sinarnya tiba-tiba ada sekumpulan awan yang menghalangi datangnya cahaya. Maka awan tersebut akan terlihat teduh.

Selain itu kamu juga bisa melihat bayanganmu saat matahari bercahaya. Tentu bayangan badanmu terlihat hitam. Karena badan tidak dapat menembus cahaya. Berbeda lagi jika saat gumpalan awan tipis menghalangi sinar matahari. Meskipun tidak akan terjadi bayangan, tetapi bayangan ini tidak terlalu pekat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.