Umbut Kelapa Adalah Sayuran Termahal di Antara Jenis Sayuran yang Ada

04.58
Indonesia tercatat sebagai salah satu penghasil kelapa terbesar di dunia. Masyarakat Ijo Balik ini memiliki proses yang unik banget tentang pemanfaatan pohon kelapa ini. Bukan batang bukan juga buahnya. Pohon yang ditebang biasanya adala hphon kelapa yang belum produktif, atau pohon kelapa yang masih muda dan belum menghasilkan buah kelapa. Pohon dengan kriteria seperti itu memiliki tinggi sekitar 7 meter dengan kondisi batang yang masih belum begitu keras.

Untuk apa pohon kelapa yang belum produktif ini ditebang? Ternyata tujuannya adalah untuk diambil umbut nya. Umbut kelapa adalah bagian batang pohon kelapa yang masih sangat lunak yang terletak di ujung atas pohon kelapa. Umbut kelapa ini mirip pangkal pohon pisang berwarna putih dan regas. Umbut ini mirip rebung atau tunas pohon bambu yang juga biasa dijadikan santapan teman nasi.
Ada pengorbanan besar bagi masyarakat Lombok untuk menebang pohon kelapa untuk diolah. Tetapi ini sudah menjadi tradisi yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang mereka sejak zaman dahulu sebagai salah satu cara untuk memuliakan figur tertentu yang datang bertamu ke daerahnya.

Umbut ini tidak dimakan tiap hari hanya disajikan pada hari-hari istimewa dan pada penyambutan tamu saja. Umbut yang masih mentah yang baru diambil bisa dimakanlangsung, rasanya manis tidak bergetah dan mengandung kada air yang tinggi. Secara tekstur umbut kelapa ini mirip dengan rebung bambu. Sedikit keras tapi memiliki serat halus yang kasih sangat lunak.

Umbut pada dasarnya adalah bakal batang pohon kelapa yang masih sangat muda. Pengolahan umbut kelapa atau dalam bahasa Lombok disebut pudak nyiur biasanya dimasak menjadi sayur dengan bumbu- bumbu dapur biasa seperti bawang putih, kunyit, lengkuas, santan ditambah cabe bagi yang suka pedas yang diparut atau dihaluskan agar mudah menyatu dengan umbut yang diolah.
Secara bahan pudak nyiur merupakan sayuran termahal dibandingkan dengan sayuran lain karena untuk mendapatkan sayur pudak nyiur ini harus megnorbankan sebatang pohon kelapa yang sudah berusia tahunan.


Jadi jika anda menebang pohon kelapa jangan lupa umbutnya ya jangan dibuang

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.