Manfaat Dari Keberagaman Seni Dan Budaya

15.56
Manfaat Dari Keberagaman Seni Dan Budaya


Seni dan budaya di indonesia itu sangat beraneka ragam. Keberagaman ini ditimbulkan oleh kemajemukan atau keanekaragmaan masyarakat indonesia. Keberagaman di indonesia itu banyak sekali jenisnya, ada sistem sosial kekerabatan, sistem religi, mata pencaharian dan juga kesenian. Dengan banyaknya keragaman seni dan budaya maka masyarakat indonesia akan lebih dikenal lagi oleh bangsa lain. Untuk menjaga kelestarian keberagaman seni dan budaya yang ada di indonesia sebaiknya kita tetap menjaga dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari – hari.

Dengan sering mengaplikasikan di kehidupan sehari – hari maka kesenian yang ada di indonesia tidak akan mudah di klaim oleh bangsa lain. Baik, kita akan coba kupas tuntas mengenai sistem religi yang ada di indonesia. Sebenarnya di negara kita ini ada 5 negara yang telah diakui oleh pemerintah indonesia. Nah, kalau di jawa tengah itu ada yang namanya religi kejawen, mungkin religi kejawen ini tidak ada di daerah jawa barat. Biasanya di daerah tataran sunda itu ada yang namanya agama sunda wiwitan. Ajaran – ajaran keagamaan lokal ini atas dasar metafisik dan lebih cenderung dengan kehidupan alam.

Baik, mengenai sistem sosial kekerabatan hal ini berkaitan dengan keluarga besarnya sendiri dan ada tokoh tetua atau tokoh yang dituakan. Mungkin kebanyakan seperti itu, tetapi lain halnya dengan suku minagkabau, kalau suku minangkabau itu sistem pewarisan keluarga berdasar atas garis keturunan ayah/laki – laki, atau sering disebut dengan garis paternal. Adapun dalam sistem kesenian kebanyakan itu ada seni pertunjukan, seni musik, seni tari, seni arsitektur, seni rupa dan ada lagi yaitu seni sastra.

Selain dari macam – macam agama dan seni, ternyata indonesia juga memiliki jenis – jenis rumah adat. Nah, kalau di Lampung itu rumah adatnya dikenal dengan sebutan nuwo sesat. Lain lagi dengan Bangka Belitung, kalau di Bangka Belitung itu namanya rumah rakit. Sementara rumah gapura dan candi bentar itu terdapat di Bali. Kalau alat musik,  biasanya gendang itu alat musik yang berasal dari Yogyakarta sedangkan angklung itu berasal dari Jawa Barat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.