Beberapa Bahan Kimia yang dimanfaatkan dalam Kehidupan Manusia

16.09
Beberapa Bahan Kimia yang dimanfaatkan dalam Kehidupan Manusia


Tahukah anda, apakah bahan kimia itu? Sebelum kita mengetahui apa efek samping dari bahan kimia tersebut, sebaiknya kita bahas dahulu apa sih bahan kimia itu?  Bahan kimia itu adalah sesuatu yang tidak akan pernah lepas dari diri kita. Bisa kita bayangkan dari mulai tidur hingga bangun tidur tentu kita akan menggunakan produk yang terbuat dari baha kimia.

Bahan kimia itu dikategorikan menjadi 4 bagian, antara lain:

1. Bahan kimia rumah tangga. Bahan kimia rumah tangga juga dikelompokan menjadi 4 bagian.

  • Pemutih. Produk pemutih ini digunakan oleh para ibu rumah tangga untuk membersihkan pakaian putih yang terkena noda. Selain untuk memutihkan pakaian ada juga pemutih yang digunakan untuk memutihkan wajah dan tubuh.
  • Pembasmi serangga. Insektisida biasanya dipakai untuk membunuh serangga yang menyerang dan merusak manusia. Diantaranya  seperti serangga nyamuk, lalat dan kecoa.
  • Pembersih. Untuk membersihkan kotoran di rumah biasnya menggunakan pembersih dari bahan kimia. Pembersih itu antara lain ada pembersih tubuh, pembersih piring, pembersih lantai, pembersih motor dan pembersih rambut.
  • Pewangi. Untuk mengharumkan ruangan dan tubuh bisanya kita menggunakan pewangi. Berbagai macma bentuk produk pewangi, ada yang berbentuk cair dan ada juga yang berbentuk padat.

Berikut ini pengaruh yang akan ditimbulkan oleh produk rumah tangga dari bahan kimia.

  1. Pembersih. Kalau kita mencuci piring tanpa menggunakan sabun tentu akan lengket dan kotor. Perlu kita ketahui bahwa sabun itu terbuat dari bahan alami seperti minyak dan lemak yang direaksikan dengan bahan kimia lain yang disebut dengan basa.
  2. Produk pemutih. Biasanya kalau pakaian kita yang terkena kotoran dan sulit untuk dibersihkan tentu kita akan menggunakan pemutih. Karena jika dibersihkan dengan sabun saja itu tidak cukup.
  3. Produk pewangi. Semua orang tentu ingin memiliki ruangan yang wangi dan sehat. Biasanya di ruangan suka bau apek. Nah, untuk menghilangkan bau tersebut maka kita bisa menggunakan pewangi.
  4. Pembasmi serangga. Bahan kimia yang terdapat pada produk seranggga itu ada senyawa karbamat, fosfat dan klorin,


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.