Cermin Cembung Dan Sinar-Sinar Istimewanya

23.20
Cermin Cembung Dan Sinar-Sinar Istimewanya


Coba kita teliti kalau cermin cekung saja merupakan bagian dalam dari sebuah bola itu berarti cermin cembung bagian luar dari bola tersebut. Ayo kita bayangkan apa sebenarnya bentuk yang akan muncul tersebut? Jika kita teliti lebih dalam lagi maka sangat terlihat bahwa cermin cembung sangat berbalik arah sekali dengan cermin cekung. Karena memang posisi cermin cekung dan cermin cembung ini sangat berbeda sekali. Nah, jika posisi cerminnya saja berbeda otomatis bayang pembentukannya pun akan berbeda pula.

Sebelum kita mengetahui bentuk bayangan maka perlu kita ketahui apa sih sinar-sinat istimewa dari cermin cembung ini? dan apa sih keistimewaan dan kehebatan dari sinar istimewa dari cermin cembung ini? sinar istimewa ini tidak hanya terapat dalam cermin cembung tetapi juga ada pada cermin cekung, hanya saja berbeda fungsi dan perannya masing – masing. Nah, ayo kita lihat apa saja sih perbedaannya dari sinar istimewa yang ada dalam cermin cekung dan cermin cembung ini.

Berikut ini sinar istimewa antara lain:
1. Jika sinar yang datang sampai pusat kelengkungan cermin, tentu akan dipantulkan seolah-olah berasaldari pusat kelengkungan yang sama.
2. Nah, sinar datnag sejajar sumbu utama akan dipantulkan seperti berasal dari titik fokus.
3. Dan sinar datang seolah-olah menuju titik fokus akn dipantulkan sejajar sumbu utama.

Baik, dengan bantuan dari ketiga sinar istimewa tersebut maka dapat digambarkan pembentukan bayangan oleh cermin cembung. Dan gambar tersebut pasti akan memperlihatkan pembentukan bayangna pada cermin cembung untuk benda yang diletakan jauh dari cermin. Oleh karen itu dengan peran sinar istimewa tersebut maka dapat diperoleh bayangan yang memiliki sifat maya, tegak, diperkecil dan posisinya akan berada di belakang cermin ini.
Perlu kita ketahui coba kita bayangkan bagaimana jika benda diletakan dekat dengan cermin? Tentu akan berbeda dengan benda yang diletakan jauh dari cermin. Tentu akan berbeda dari mulai sifat – sifatnya dan pembentukannya pun akan berbeda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.