Benda Dapat Terlihat Sebab Ada Pantulan

23.16
Benda Dapat Terlihat Sebab Ada Pantulan


Perlu kita ketahui bahwa disekeliling kita kita setiap benda itu bersifat memantulkan cahaya. Hal inilah yang menyebabkan benda tersebut dapat dilihat. Apa yang menyebabkan semua benda memiliki warna yang berbeda? Ternyata yang menyebabkan semua benda berbeda warna itu adalah karena pantulan cahaya yang mempunyai panjang tertentu.

Bisa kita lihat ketika kita berdiri di depan cermin, kita dengan sendirinya dapat melihat bayang kita. Perlu kita ketahui bahwa hal ini bisa terjadi sebab gelombang cahaya yang terkena tubuh kita itu diapntulkan sehingga sampai ke mata. Saat cermin akan memantulkan sianr senter tersebut sehingga sinar seolah – olha keluar dari cermin itu ketika kita menyorotkan senter pada cermin tersebut. Nah, maka peristiwa ini disebut pemantulan gelombang cahaya.

Tidak hanya gelombang cahaya saja yang bisa dipantulkan tetapi gelombang bunyi pun bisa diapntulkan. Tetapi perlu kita ketahui bahwa gelombang bunyi itu tidak dapat dilihat oleh kasat mata. Hal ini bersifat konkrit jadi tidka dapat ditangkap oleh panca indra kita, melainkan dapat didengar oleh indra pendengar kita. Nah, untuk memastikan mengenai gelombang bunyi, coba kamu bayangkan kamu berada disebuah gelanggang olahraga yang sangat luas. Pada saat kamu berteriak, maka akan terdengar teriakanmu seolah –olah ada yang mengikuti suaramu. Padahal itu adalah suatu pantulan yang datang dari suara yang kamu keluarkan sendiri.

Ada beberapa jenis pemantulan bunyi antara lain sebagai berikut.

  1. Gema. Hampir sama dengan gaung, yaitu sama – sama karena pantulan bunyi. Tetapi gema yang terjadi bila sumber bunyi dan dinding pemantul jarakanya jauh, lebih jauh dari pada jarak sumber bunyi.
  2. Gaung. Saat sedang berbicara di sebuah gedung yang besar , dinding gedung ini akan memantulkan suaramu. Dan biasanya selang waktu antara bunyi asli dan pantulannya di dalam gedung itu sangat kecil. Maka bunyi pantulan ini sangat merugikan bagi pendengarnya karena suara aslinya menjadi tidak jelas atau terdengar samar – samar.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.