Cara Melakukan Senam Pernafasan

21.34
Senam pernafasan adalah cara almiah untuk penyembuhan atau terapi dalam mengatasi berbagai penyakit dan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Senam pernafasan akan memberikan manfaat asalkan dilakukan dengan sungguh – sungguh dalam berlatih, teratur, terukur, dan rutin. Senam pernafasan juga berkaitan dengan meditasi untuk memberikan kebugaran, ketenangan hati dan pikiran.  



Berikut ini langkah – langkah dalam Senam pernafasan :

1. Pemanasan
Sebelum melakukan senam sebaiknya berdoa terlebih dahulu. Setelah berdoa, posisi tubuh berdiri tegak, lalu lakukan lari – lari kecil ditempat dengan santai ( kaki diangkat dengan posisi lulut menekuk kira – kira 900)

2. Pendinginan
Kedua tangan direntangkan lurus kedepan, gerakan memutar keatas kemudian turunkan hingga sejajar dengan bahu, setelah itu kembali ke posisi sempurna. Lakukan gerakan ini berulang – ulang.

3. Menggerakan bagian kepala
Tangan dipinggang dan Tundukkan kepala, lalu lakukan gerakan memutar dari arah kiri lalu kekanan, kemudian begitu juga sebaliknya lakukan gerakan memutar dari arah kanan ke kiri.

4. Menggerakkan bahu dan lengan
Posisi kaki direnggangkan lalu rentangkan tangan kanan kearah samping kiri dengan didorong oleh tangan kiri, lakukan gerakan ini begantian yaitu tangan kiri direntangkan kerah kiri dengan didorong oleh tangan kanan kearah kanan, dengan posisi kaki masih direnggangkan, bahu diangkat lalu putar kebelakang, setelah itu ulangi lagi dengan arah sebaliknya yaitu bahu diputar dari arah belakang kedepan

5. Gerakan membungkuk dan pinggul diputar
Masih dalam posisi tangan dipinggang dan kaki direnggangkan, putarlah pinggul dari kanan kekiri, ulangi gerakan ini  dari arah sebaliknya yaitu pinggul diputar dari kiri kekanan. Setelah itu, dengan posisi tangan didepan, punggung tangan saling berhadapan serta jari tangan saling menyela kemudian badan dibungkukkan kearah kanan, kekiri, dan kedepan

6. Menggerakan kedua kaki
Kaki kanan diangkat kedepan denga posisi lurus, tahan, lalu agak menyiku dan tetap tahan lalu kembali ke posisi awal, ulangi dengan kaki bergantian dengan yang kiri. Masih dalam posisi berdiri dengan kaki  lurus, kaki diangkat, tahan. Setelah itu badna diturunkan sedangkan tumit masih tetap diangkat, berdiri lagi dan tumit kembali diturunkan. Ulangi gerakan ini dengan arah putaran bergantian.

7. Gerakan peregangan
Kedua tangan didepan dada dengan jari saling menyela, dorong kedepan lalu keatas, setelah iut putarlah kearah kanan lalu kekiri. Lakukan dengan berulang – ulang.

Itulah langkah – langkah dalam melakukan senam pernafasan, semoga bermanfaat. Selamat mencoba...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.