Prinsip-Prinsip Teori Dalam Berenang

13.52


Pada hakikatnya kategori dalam keterampilan gerak aktivitas renang memiliki prinsip atau teori yang berbeda-beda. Bagi perenang pemula, cara mengapung di permukaan air akan sulit untuk dilakukan. Apabila ingin mengapung maka akan memerlukan waktu yang cukup lama dalam setiap berlatih.    

Prinsip mengapung
Teori ini menyatakan bahwa sebuah kapal yang bermuatan ringan maka akan mudah ditarik atau didorong dalam air. Dan begitu pula dengan seorang perenang yang ringan akan terasa mudah untuk mengapung di atas air. Setiap perenang memiliki berbagai macam bentuk tubuh, ukuran tulang, perkembangan otot, berat badan, jaringan lemak, serta kapasitas paru-paru, dan semua itu akan memengaruhi gaya apung serta posisi apung seseorang. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melatih perenang pemula.
a.       Masuk dalam air
Apabila anda ingin belajar renang, sebaiknya lakukanla dahulu di kolam yan dangkal yang setinggi kurang lebih dari satu meter. Fungsinya untuk berlatih mengapung di dalam air dengan cara berikut ini.
-          Berlututlah dengan menggerak-gerakkan lengan di bawah permukaan air.
-          Silahkan berpegang pada pegangan khusus yang ada di sisi kolam tersebut setelah itu tariklah tubuh maju mundur sampai menjauhi dan mendekati dinding kolam kembali.
-          Kemudian carilah tangga masuk kolam yang terendam di dalam air, letakkan kedua tangan di atas permukaan tangga dengan posisi ke bawah dan kepala menghadap ke dinding kolam. Setelah itu apungkanlah kakimu menjulur ke belakang sehingga tubuh akan merasakan melayang di permukaan air, kemudian lakukan naik turun di anak tangga dengan sebanyak 5 sampai 6 kali.
-          Silahkan berpengangan di pinggir kolam renangm lalu togok dan tungkai di angkat ke daerah permukaan air kemudian mengambanglah dengan posisi telungkup, posisi tangan lurus ke depan, sedangkan kepala terangkat dari permukaan air.
b.      Mengapung
Untuk latihan mengapung dapat di lakukan dengan cara berikut ini.
-          Tangan berpegangan pada tiang atau parit dinding kolam, lalu angkatlah kaki sampai tubuh dalam posisi tengkurap, dan gerakan kedua kaki tersebut naik turun secara berulang-ulang maka tubuhpun akan meraskan mengambang pada permukaan air.
-          Saat berlatih mengapung dengan tangan memegang papan luncur masuk ke dalam air. Dan saat tangan memegang papan luncur, angkatlah kaki kanan dan kiri sampai dengan mengambang tengkurap maka tubuh akan merasakan mengambang saat di permukaan air.

2.    Prinsip meluncur
Setelah anda dapat mengapung di permukaan air, maka latihan yang selanjutnya adalah latihan meluncur, dengan cara berikut ini.
a.       Meluncur dengan menolakkan kaki pada dinding kolam
Berdiri di pinggir kolam renang, dan punggung membelakangi pinggir kolam renang, lalu turunkan bahu ke dalam air sehingga hanya kepalanya saja ynag berada di daerah permukaan air. Kemudian tolakkan salah satu kaki pada dinding, tubuh meluncur ke depan, kaki tetap diam pada posisi.
b.      Meluncur dengan menggunakan papn luncur
Peganglah papan peluncur dan simpan di bagian depan di atas permukaan air, lakukan secara bersamaan dengan mengangkat kedua tungkai di permukaan air sampai posisi tubuh terangkat ke permukaan air. Setelah itu, gerakkan tungkai turun naik sampai badan bergerak ke depan meluncur.
c.       Meluncur di awali dengan loncatan

Saat posisi sedang berdiri kedua lengan lurus di samping telinga, lalu meloncat dengan menukik ke dalam air hingga ke permukaan air.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.