Mengapa Kita Bisa Kesetrum?

14.05

Anda Pernah kesetrum ngga? Bagaimana rasanya kesetrum itu? Susah diejalskan dengan kata – kata ya, yang jelas, bagi yang pernah kesetrum kita merasa kaget dan seperti ada sesuatu yang merambat atau menjalar di dalam aliran darah tubuh kita. Kita merasa seolah-olah ada yang narik dengan kuat. Itu hanya gambaran saja kenyataan yang sebenarnya bagaimana rasanya kesetrum itu sulit diuraikan dengan kata – kata.

Lalu, Mengapa bisa keseterum? Apa yang bisa membuat kita kesetrum? Manusia bisa kesetrum karena tubuh manusia merupakan penghantar listrik yang baik. Dalam istilah fisika disebut konduktor. Hal ini disebabkan karena sebagian besar isi tubuh manusia itu adalah mengandung cairan. Cairan di dalam tubuh manusia merupakan larutan elektrolit. Larutan elektrolit ini merupakan penghantar listrik yang baik. Sehingga tidak heran jika manusia bisa kesetrum ketika menyentuh benda – benda yang beraliran listrik, seperti kabel bermuatan listrik yang terkelupas.
Kesetrum adalah istilah yang biasa kita gunakan kalau kita terkena arus listrik. Jika arusnya cukup tinggi akibatnya bisa fatal lho bisa menyebabkan kematian. Apakah kesetrum bisa dihindari? Adakah cara agar kita tidak mempan kena setrum? Mau tahu caranya suapaya kita ga kesetrum? Simak nih penjelasan dari prof. Terry.

Agar tidak kesetrum pakailah alas kaki baik sendal atau sepatu yang terbuat dari karet. Pastikan juga alas kaki kita, baik itu sandal maupun sepatu yagn terbuat dari karet itu dalam keadaan kering. Karena walaupun kita sudah memeakai alas kaki yang terbuat dari karet tapi jika dalam keadaan basah sama aja artinya dengan tidak memakai alas kaki. Hal ini karena walapun alas kaki terbuat dari karet tapi kalau basah alas kaki itu bisa menghantarkan lisitrik. Karet merupakan pwnghambat aliran listrik atau istilah fisikanya disebut isolator. Alas kaki yang terbuat dari karet merupakan isolator bagi arus listrik.


Selain karet masih banyak benda – benda lain yang sifat nya menghambat aliran listrik atau isolator seperti misalnya plastik, kayu, mika, dan lain  - lain. Sedangkan benda – benda yang sifatnya menghantarkan listrik atau konduktor misalnya sendok logam, pipa logam, dll. Pada dasarnya logam spt besi, tembaha kuningan, seng, baja merupakan konduktor yang baik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.