Budidaya Katak Lembu

07.40
Katak termasuk binatang nocturnal, yaitu aktif pada malam hari. Sehingga perburuan siang hari lebih sulit dilakukan. Di pulau jawa terdapat setidaknya empat puluh jenis katak, di Kalimantan terdapat seratus lebih spesies katak. Begitu juga di Sumatra terdapat beragam jenis katak lainnya. Tetapi dari semuanya hanya katak hijau yang banyak di buru manusia untuk dikonsumsi.
Secara umum peran katak dalam lingkungan adalah sebagai indikator pencemaran. Populasi katak yang tinggi menandakan bahwa kawasan sekitarnya minim pencemaran. Di Indonesia perburuan katak hijau dilakukan seiring pesatnya peminat kuliner katak hijau. Kandungan katak hijua dapat mengurangi resiko penyakit kanker, selain itu juga dapat meningkatkan stamina.
Salah satu cara bertahannya katak hijau adalah pura-pura mati.
Katak lembu atau bullfrog awalnya diintroduksi ke Indonesia dari Taiwan. Budidaya katak lembu di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan nasional maupun eksport. Katak lembu memiliki kandungan protein hewani yang sangat tinggi, rendah kolesterol dan mengandung beragam mineral.
Suksesnya budidaya katak lembu ikut berperan memberikan tekanan terhadap katak hijau asli Indonesia. Budidaya spesies asli Amerika ini juga tergolong mudah dilakukan. Kunci nya adalah kualitas kolam dan air yang tenang. Aturan makan yang tepat juga dapat mempercepat pertumbuhan katak lembu.

Katak lembu menjadi komoditas pentingdengan harga yang mengiurkan. Pangsa pasar katak lembu adalah jakarta, Bali Singapura

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.