Pengobatan Tradisional Ala masyarakat Ranca Buaya Garut Jawa barat

04.27
Manfaat alam banyak jenisnya
Belahan dunia mana yang tidak kenal tanaman herbal. Tanaman yang banyak manfaat kesehatan ini telah dikenal sejak zaman peradaban kuno dan merupakan awal cikal bakal pengobatan medis di zaman modern seperti isekarang ini. 

Di Indonesia sendiri tanaman herbal menjadi elemen penting serta unsur pembentuk ragam budaya. Berbagam ragam pengobatan tradisional menggunakan bahan obat – obatan alami yang diambil langsung di hutan. Istilah apotik hidup adalah tanaman obat yang tumbuh liar di mana di dalamnya terdapat berbagai tanaman obat tradisional yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit.

Daun harendong atau senggani dan buah nya ini adalah salah satu tanaman obat. Harendong diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti hepatitis, diare dan wasir darah.

Hutan Indonesia yang luas menyimpan berbagai macam manfaat yang besar termasuk jenis – jenis tanaman obat yang banyaknya diperkirakan mencapai lebih dari 1200 jenis tanaman. Dimana sebagian besar nya telah dieksploitasi untuk bahan baku industri tanaman obat.

Batang pohon kisereh meupakan salah satu tanaman obat yang sering digunakan sebagai obat untuk sakit mata, mata merah karena iritasi dan keluhan sakit mata lainnya. Keberadaannya semakin langka. Selain untuk obat kayu –kayu dari pohon kisereh cocok digunakan untuk bahan bangunan hingga berbagai jenis kerajinan tangan. Hutan hujan tropis merupakan vegetasi yang paling kaya baik dalam arti jenis makhluk hidup yang membentuknya maupun dari tingginya nilai sumber daya lahan tanah, air dan cahaya matahari yang dimilikinya.

Satu lagi yang tidak kalah berkhasiat adalah tanaman pongporang. Tanaman ini dimanfaatkan kulit  batangnya sering digunakan untuk pengobatan lambung. Pemanfaatannya bisa dicampur dengan herbal lain atau bisa juga langsung direbus kulit batangnya dan diminum air rebusannya.

Masyarakat di Ranca Buaya Kabupaten Garut Provinsi Jawa barat hampir semuanya menggunakan obat –obatan herbal racikan Pak Jali. Sejak dahulu secara turun temurun obat racikannya dipercaya oleh masyarakat dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Cara pengolahan nya yang sederhana dengan alat yang sederhana dan bahannya ada di lingkungan sekitar tapi manfaatnya tidak sesederhana cara pembuatan dan bahannya. Bisa mengobati berbagai macam penyakit.


Mengkonsumsi tanaman obat tradisional biasa dilakukan masyarakat ranca buaya. Mereka bahkan lebih memilih meracik obat sendiri dari bahan –bahan alami herbal daripada obat- obatan dengan bahan kimia

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.