Merubah Lahan Kering dan Tandus Menjadi Hijau Dengan Sengon

05.27
Sengon atau albisia sinensis ini kini paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Alasan utama budi daya sengon atau albasiah ini adalah kecepatan tumbuhnya dan bernilai ekonomis kayu. Kayu sengon juga mudah dipsarkan karena banyak permintaan untuk pembuatan papan, peti kemas, kotak buah dan bahan campuran meubel.

Manfaat pohon sengon itu banyak banget, selain ditanam untuk diambil kayu pohon nya yang bisa dijual, masyarkat sekaroh juga biasa memanfaatkan buah sengonnya. Buah sengon warnanya hitam, bentuknya pipih bulat. Sepintas seperti buah jengkol. Untuk apa buah sengon tsb? Buah sengon diambil untuk ditanam kembali dan untuk membuat pembibitan. Selain itu buah sengon ternyata bisa dimakan sebagai camilan.

Secara ekosistem sengon adalah tumbuhan yang memiliki sifat yang mengikat nitrogen dan menduhkan lahan. Sengonjuga menjadi primadona untuk perbaikan lahan. Sengon dapat tumbuh baik di tanah miskin unsur hara, kadar garam tinggi dan tingkat keasaman tanah yang tinggi. Ketinggian sengon yang dapat mencapai ketinggian empat puluh lima meter membuat pohon ini juga dapat tumbuh di tanah pegunungan.

Melimpahnya pohon sengon di Sekaroh menjadi berkah tersendiri bagi warga. Biji sengon yang telah tua menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan. Naiknya prestise sengon di dunia perkayuan memicu budidaya sengon secara luas di berbagai wilayah di Indonesia. Permintaan biji sengon untuk budidaya di daerah lain menjadi sangat tinggi.

Keberhasilan perbaikal lahan di sekaroh membuat biji sengon menjadi komoditas bernilai untuk pembibitan. Setelah mengambil buah sengon proses selanjutnya adalah buah sengon tsb dipecahkan dengan cara dipukul –pukul menggunakan palu.

Bijinya cukup keras namun ternyata bisa dimakan dan biasanya jadi makanan monyet. Biji sengon yang sudah terkelupas dari kulitnya kemudian dimasukkan ke dalam karung. Cara pengolahan biji sengon untuk dimakan cukup dengan digoreng atau disangrai.

Awalnya kawasan sekaroh adalah kawasan kering kerontang. Kini hampir sebagian besar lahan kering berubah menjadi hijau dan teduh. Kuaci sengon menjadi semcam pemanis dari keberhasilan perbaikan lahan. Manfaat dan pendapatan dari penjualan biji sengon adalah bonus dari ketekunan masyarakat memperbaiki lahan.


Karena buah sengon melimpah, masyarakat sekaroh menjadikan buah sengon cemilan khas

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.