Beberapa Fakta Menarik Seputar Tubuh Manusia

21.55
Kita sering tidak menyadari bahwa banyak hal menarik yang terjadi di dalam tubuh kita sendiri. Kita sering tidak menyadari dan hanya menganggap sebagai sesuatu hal yang wajar dan menjalaninya sebagai hal yang biasa. Namun jika diteliti ternyata di dalam tubuh kita banyak hal yang menarik dan membuat kita tercengang.

Beberapa hal menarik yang dialami organ tubuh kita adalah sebagai berikut:

Otot mata manusia berkontraksi 100.000 kali dalam sehari. Mata kita ternyata telah melakukan tugas yang luar biasa dalam sehari. Kalau dibandingkan dengan aktivitas kaki, aktivitas mata kita sebanding dengan  jalan 50 sejauh mil, luar biasa bukan?

Fakta beriktnya adalah, tubuh kita ternyata bisa bertambah sepanjang 1 cm tiap bangun pagi. Lho kok bisa, mengapa demikian? Jawabnya adalah karena di antara tulang belakang kita itu terdapat bantalan- bantalan penyangga yang mengisi sekat antara tulang belakang tsb. Pada saat kita sedang tidur tulang belakang kita akan memuai dan mengembang karena tidak ada beban dan tekanan akibat berat tubuh kita pada nya sehingga akibatnya badan akan memanjang sepanjang 1 cm karena bertambah volume bantalan itu. Tapi seiring dengan aktifitas sehari - hari kita dan juga karena pengaruh gaya gravitasi bumi pemanjangan pada bantalan tsb akan kembali mengkerut ke posisi semula sehingga volumenya akhirnya akan menyusut lagi. Jadi jangan berharap terus bertambah dan bertambah karna kalau siang dan kita melakukan aktivitas maka akan menyusut lagi.

Fakta berikutnya adalah manusia hampir bisa dipastikan tidak bisa menggelitik diri sendiri. Rasa geli ada hubungannya dengan sensor di otak. Kalau asal stimulusnya berasal dari dalam diri sendiri maka sensor gelinya akan menurun namun jika stimulusnya dari luar maka sensor gelinya akan naik
atau meningkat. 

Fakta berikutnya adalah manusia tidak bisa bersin dengan mata terbuka. Mengapa demikian? Karena Saat kita bersin, tekanan terhdap bola mata akan meningkat beberapa kali lipat. Bisa dibayangkan khan jika ketika kita bersin mata dalam keadaan terbuka? Ya, bola mata kita bisa loncat keluar kelopaknya, ngeri ya ... lalu apa manfaat bersin tsb? Ternyata bersin bermanfaat membersihkan partikel - partikel kotoran yang menempel di rongga hidung dan dengan bersin partikel - partikel itu akan keluar dengan cepat termasuk kuman – kuman yang menempel di rongga hidung.

Luar biasa bukan?

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.