Penyakit Asam Urat Tinggi dan Gejalanya

06.34

Penyakit asam urat adalah kelebihan asam urat yang menumpuk di persendian sehingga mengakibatkan radang. Asam urat sebenarnya adalah zat purin yang diolah menjadi asam urat. Zat purin tersebut didapat dari makhluk hidup. Jadi, misalnya kita memakan makhluk hidup lain seperti daging ayam dan daging kambing (makhluk hidup tersebut memiliki zat purin) karena kita memakan makhluk hidup tersebut aka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita dan diubah menjadi asam urat.

Memang pada kenyataannya zat purin tidak hanya didapat dari makanan saja. Tapi juga dari metabolisme tubuh kita. Karena kita juga makhluk hidup yang memiliki zat purin. Selain itu tumbuhan juga memiliki zat purin.


Bahaya dari penumpukan kristal asam urat yang menumpuk di sendi selain radang sendi yaitu sendi terasa sakit dan bengkak. Selain itu asam urat juga bisa mengakibatkan batu ginjal. Biasanya peyakit asam urat ini terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Resiko tertinggi terjadi pada laki-laki.namun, tak bisa dipungkiri bahwa wanita yang sudah mengalami menopouse atau tidak lagi produktif (tidak mengalami menstruasi lagi) juga berisiko mengalami penyakit asam urat.

Makanan yang memiliki resiko menambah tumpukan asam urat adalah :
1.Mentega
2.Makanan yang terlalu banyak mengandung protein dan lemak
3.Usus
4.Kacang-kacangan
5.Sayuran seperti kol, jamur, dan daun singkong
6.Buah-buahan seperti durian
7.Seafood
8.Dan lain-lain


Cara untuk mengurangi asam urat dalam tubuh salh satunya adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan tersebut di atas. Karena makanan tersebut bisa menambah kandungan zat purin yang nantinya berubah menjadi kristal-kristal asam urat.

Selain itu juga bisa mengkonsusmsi obat herbal asam urat yang bisa diperoleh secara online di toko ini sebagai pencegahan dan pengobatan untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah.  Dan untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah bisa dengan mengkonsumsi :
1.Kentang, tomat, yoghur dan pisang
2.Konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C
3.Perbanyak asupan karbohidrat yang kompleks

Bagi penderita obesitas hendaknya mengurangi berat badan untuk mengurangi kadar asam urat. Selain itu bai pecinta permen dan berbagai makanan manis harus hati-hati. Karena jenis karbohidrat sederhana semacam fruktosa bisa mengakibatkan tingginya asam urat. Jangan lupa untuk tidak terlalu banyak minum aspirin. Dan jagga kesehatan jangan sampai kita kelelahan akibat bekerja.


Memang tak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan sangat menyita waktu dan menguras tenaga. Tapi jangan sampai badan kita menjadi terlalu lemah dan kelelahan. Apalagi jika asupan nutrisi pada tubuh kurang. Selain bisa menambah kadar asam urat dalam tubuh juga bisa menyebabkan sakit. Dan tentu saja, hal ini jangan sampai terjadi kepada Anda.

Jangan lupa untuk etrus menjaga asuan nutrisi pada tubuh sehingga tubuh terjaga dan sehat terbebas dari segala penyakit. Jangan sampai stress karena stress juga bisa menghilangkan nafsu makan atau malah membuat kita terlalu banyak makan. Usahakan untuk makan secukupnya sesuai dengan porsinya jangan terlalu banyak sampai akhirnya menyebabkan obesitas. Tapi jangan terlalu sedikit juga karena justru membuat tubuh kurang energi.

Yang paling penting dalam menjaga kesehatan dari yang namanya penyakit asam urat adalah jangan lupa untuk banyak minum air putih dan hindari minuman beralkohol . air putih sangat membantu dalam proses pembuangan purin dalam tubuh. Makanya, penting bagi kita untuk banyak minum air putih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.