Uang Sebagai Alat Pembayaran

14.30


Setiap hari orang membutuhkan uang. Uang merupakan suatu benda yang dengan mudah dan umum untuk diterima oleh masyarakat yang digunakan sebagai alat pembayaran pembelian barang atau pun jasa serta barang berharga untuk pembayaran untuk utang. Uang memiliki ciri-ciri supaya dapat diterima umum, dapat dipakai untuk alat tukar, serta dapat digunakan sebagai alat pembayaran.
A. Fungsi uang
uang dapat mengeluarkan banyak manfaat. Fungsi uang dapat dibagi menjadi 2 yaitu fungsi asli dan fungsi turunan. Fungsi asli uang yaitu sebagai alat tukar dan alat satuan hitung. Sedangkan fungsi turunan yaitu suatu hal yang mencakup standar atau ukuran pembayaran yang ditunda, selain itu juga sebagai alat penyimpan kekayaan dan alat pengalih kekayaan.
1. Alat tukar.
manfaat uang sebagai alat tukar sudah tidak lagi diragukan, karena sudah di sahkan oleh pemerintah. Contohnya, seorang pengusaha yang membutuhkan modal / dana. Dia dapat menjual hasil usahanya untuk dapat menggantikan modal.
2. Alat satuan hitung ( pengukur nilai ).
Uang sebagai satuan hitung, uang dipakai untuk menghitung jumlah harga sebuah barang. Nilai suatu barang dapat diukur dengan uang. Misalnya, anda membeli 3 buah pulpen dengan harga Rp2.000 per biji. Nah, berarti kita dapat menghitung dari jumlah 3 buah pulpen tersebut seharga Rp6.000.
3. Standar atau ukuran pembayaran yang ditunda ( Standard of Deferred Payment ).
Dalam hal ini, uang dimanfaatkan untuk menyatakan ukuran utang. Uang juga digunakan sebagai daya beli umum yang dapat dinyatakan dengan unit-unit yang pasti dan sesuai ukuran yang ditetapkan.
4. Alat penyimpan kekayaan.
Manusia memerlukan uang untuk kebutuhan hidupnya. Sehingga alangkah baiknya jika kita menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan saja. Agar kita dapat menyisihkan uang untuk menabung. Belajar menghemat uang sejak dini. Selain menghemat uang juga harus hemat dalam berbicara.
5. Alat pengalih nilai / kekayaan.
Uang dapat bermanfaat untuk mengalihkan nilai. Contohnya, pak Arifin dipromosikan oleh PT. ABC untuk menduduki jabatan kepala cabang. Tetapi sebelumnya pak Arifin sudah memiliki rumah di Jakarta. Dan dia ingin memindahkan rumah ke Makasar yaitu dengan menjual rumahnya lalu membeli di Makasar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.