Manfaat Renang Untuk Kesehatan Tubuh

13.54


Pada umumnya tanah air kita ataupun lingkungan kita ada banyak penampakan alami dan buatan yaitu air, misalnya : waduk/bendungan, danau, sungai, dan lautan. Sebagaimana ikan yang hidup di air, maka tubuh kita akan dapat bergerak di dalam air jika kita melakukannya dengan gerakan-gerakan yang baik ketika berenang. Karena berenang merupakan salah satu kegiatan aktivitas di air yang sangat menyenangkan dengan menggunakan berbagai macam gerakan-gerakan yang kita kuasai dalam renang dengan melalui sifat-sifat air. Oleh sebab itu, marilah kita untuk mencoba melakukan aktifitas renang dengan berbagai macam gaya, misalnya : gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu atau dolphin.
Tujuan dari aktivitas renang bukanlah semata-mata untuk mencapai prestasi, melainkan untuk tujuan yang lebih luas, di antaranya : pembentukan dan pengembangan fisik, pembinaan hidup sehat, memelihara kesehatan jasmani, peningkatan kapasitas tubuh dan dapat pula untuk keselamatan. Tetapi tidak hanya itu saja, banyak hal-hal positif yang dapat kita rasakan baik secara langsung maupun tidak langsung apabila kita dapat menguasai berenang.
Berikut ini adalah manfaat renang untuk kesehatan tubuh adalah :
a. Dapat membantu meningkatkan kualitas jantung serta peredaran darah.
Jantung sangat penting bagi organ tubuh manusia, karena jantung merupakan bagian organ tubuh ynag memompa darah agar dapat mengalir ke bagian seluruh tubuh dan darah tersebut bekerja untuk mengangkut sari-sari makanan dan oksigen sehingga terjadilah proses pembakaran serta dapat menghasilkan energi yang bermanfaat yang digunakan untuk aktivitas bergerak.
b. Dapat membantu meningkatkan kapasitas vital paru-paru.
Paru-paru juga merupakan alat fungsi organ tubuh manusia yang berfungsi untuk mengambil oksigen yang sangat diperlukan untuk proses oksidasi ( pembakaran ). Maka dari itu, aktifitas renang dapat membantu melatih kerja paru-paru serta meningkatkan kemampuan paru-paru untuk mengambil oksigen ynag lebih banyak. Dan dengan adanya oksigen maka proses pembakaran dalam tubuh akan lebih lancar sehingga energi yang diperlukan dapat memadai.
c. Mengubah otot yang lemah menjadi kuat.
Pada saat anda melakukan renang, maka akan terjadi gerakan otot yang dinamis serta ototpun akan bekerja secara terus menerus. Dengan terjadi seperti ini, maka akan membuat serabut pada otot lebih bertambah banyak dan juga bertambah semakin kuat. Sehingga hal ini otot-otot akan terlihat lebih berisi / padat dan tidak mudah sakit.
Apabila anda akan renang, sebaiknya lakukanlah aktifitas.
- pemanasan terlebih dahulu agar tidak terjadi cedera saat renang. Misalnya dengan lari-lari santai atau gerakan lainnya.
- Sebelum anda meluncur ke kolam, cobalah anda mengukur terlebih dahulu kedalaman kolam tersaebut sesuai dengan kemampuan diri sendiri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
- Janganlah anda berenang dalam keadaan perut kosong dalam artian belum makan ataupun terlalu kenyang, karena dalam melakukan renang sangat membutuhkan energi dan apabila perut anda kosong maka anda tidak dapat menguasai gerakan renang tersebut, dan sebaliknya apabila perut anda terlalu kenyang maka anda tidak dapat mengendalikannya dengan baik dan sulit untuk pengambilan nafas yang panjang.
- Janganlah memakai pakaian renang yang berwarna putih, karena akan menyebabkan pakaian warna putih itu akan berubah menjadi kekuning-kuningan.
- Mandilah pada air pancuran yang telah disediakan pada saat sebelum anda masuk ke kolam renang agar tubuh anda bersih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.