hati-hati Kosmetik Palsu, Bahannya Terbuat dari Semen Putih, Pewarna Tekstil Tepung dan Minyak Goreng

02.51

Menjadi cantik dengan kulit indah dan bersih serta bibir indah dan merona menjadi idaman para perempuan. Tapi bagi anda para perempuan harus tetap waspada karena bisa jadi anda menyapukan semen putih, lotion anti nyamuk dan juga minyak goreng ke wajah anda. Bahan-bahan tersebut digunakan para pemalsu kosmetik untuk menghasilkan bedak, krim pemutih dan juga pemerah bibir.

Imah pernah menyimpan mimpi untuk memiliki wajah kulit bersih putih bak pualam. Salah satu caa yang ia percaya ampuh adalah dengan menggunakan produk pemutih yang dijual bebas. Namun bukannya kulitnya menjadi cerah berseri, kulit wajahnya malah menjadi rusak. “Pertamanya putih bagus banyak orang yang nanya pake apa gitu kan. Pas 1 bulan dua bulan langsung berubah item kemerahan. Apalagi kalo kena panas”

Produk kecantikan yang ia beli itu sebenarnya sudah cukup terkenal dan dijual di mall atau toko kecantikan. “Kadang beli di klinik sama juga hasil nya begitu”, awal mulanya kan panas terus terkelupas. Emang bersih tapi cuman sementara paling 1 bulan. Kalo ngga make ya langsung berbalik lagi”

Sadar bahwa krim pemutih yang ia gunakan berbahaya bagi kulitnya Imah akhrinya berhenti dan terpaksa harus merawat kulit wajahnya yang terlanjur rusak. Menjadi cantik dengan memiliki kulit bersih tak hanya impian imah jutaan perempuan di indonesia juga menghendaki hal yang sama. Impian masal itu kemudian ditangkap industri kosmetik untuk memproduksi produk-produk kecantikan. 

Berbagai krim pemutih, bedak dan segala turunan produk kecantikan hadir di pasaran industri kecantikan pun menjadi lahan yang menggemukkan pundi-pundi. Namun keinginan untuk memiliki kulit terang atau putih berseri terus didukung oleh hadirnya produk-produk kecantikan. Dalam akhir tahun hingga awal tahun 2013 badan pengawas obat dan makanan atau BPOM beberapa kali menggagalkan distribusi kosmetik berbahaya.

Pertengahan Mei 2013 BPOM mengumumkan ada 17 jenis kosmetik dari 6 merk yang ada di pasaran. Kosmetik-kosmetik tsb terbbukti mengandung bahan –bahan berbahaya yang penggunaan nya sangat dilarang dalam kosmetik. Bahan-bahan berbahaya tsb adalah merkuri, hidrokinon dan rodamin B.

Berikut ini adalah Merk yang dilarang beredar:
  1. Ksomeetik merk tabita
  2. Kosmetik merk green alvina
  3. Kosmetik merk Chrysant
  4. Kosmetik merk hayfa
  5. Kosmetik merk dr. nur hidayat, Sp.KK
  6. Kosmetik merk Cantik

Tidak hanya berbahaya, para perempuan pun harus waspada pada kosmetik palsu. Akhir April lalu sebuah pabrik kosmetik palsu digerebek Polda Banten. Industri rumahan ini menghasilkan ribuan kosmetik palsu. Berbagai merk kecantikan dipalsukan sebagian besar adalah produk terkenal.
Salah satu produk kecantikan yang sering dicari adalah krim pemutih wajah yang dijual dengan harga yang sangat bervariasi.

Gundul, sebut saja begitu, adalah oknum pembuat kosmetik palsu. Semen putih, pewarna tekstil tepung hingga minyak goreng sebagi bahan lainnnya. Kemudian membeli tawas untuk dilarutkan ke air sebagai pengganti merkuri. Merkuri fungsinya membuat kulit nampak lebih cemerlang. Namun karena merkuri terlarang digunakan untuk kosmetik akhirnya tawas sebagai pengganti merkuri. Gundul kembali mengejutkan kami, ia membeli lotion anti nyamuk sbagai pengharum. Wadah kosmeetik gundul bisa mendpatkannya di pemulung  langganan. Untuk setiap wadah gundul membayarnya dengan rp500,00

Bila tidak hati-hati wajah anda yang mulus akan rusak karena kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan yang berbahaya. Kosmetik palsu ini langsung beredar ke para penggunanya dan para pelaku mendapatkan keuntungan yang sangat besar. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.