Tips Merawat Mobil Di Musim Hujan

08.23
Tips pertama cek ban, pastikan ban mobil anda tidak gundul. Ciri ban yang gundul adalah kembangannya sudah tidak ada dan permukaan ban hampir rata tidak ada alur lagi. Kembangan ban harus tebal dan belum gundul atau rata supaya tidak slip disaat jalanan basah. Cek kembali tekanan angin jangan sampai kurang angin di perjalanan.

Tiap hari mobil dipakai siang dan malam dengan suhu yang berubah secara tidak langsung akan mempengaruhi tekanan ban kendaraan kita. Maka ada baiknya tiap minggu cek apakah tekanan pada ban mobil kita sudah memenuhi syarat atau aman belum.

Cek Wiper. Wiper berfungsi untuk menyapu air di kaca mobil dikala hujan sekaligus membersihkan kaca mobil dari kotoran yang menempel. Dengan adanya wiper pandangan pengemudi tidak terhalang oleh air hujan ketika menalankan kendaraan dalam keadaan hujan. Unutk mobil-mobil keluaran terbaru biasanya memiliki 2 buah wiper, di depan dan di belakang sedangkan untuk mobil keluaran tahun lawas wipernya hanya ada 1, di kaca depan saja.

Yang perlu dilakukan dalam mengecek wiper adalah memeriksa bagian yang menempel pada kaca mobil yang terbuat dari karet. Apabila karetnya sudah mengeras maka segera ganti karena biasanya kalau karet wiper sudah lama elastisitasnya akan berkurang dan karetnya akan lebih kaku dan mengeras. Karet wiper yang sudah kaku dan mengeras bisa membuat kaca mobil anda baret tergores karet mapun oleh logan penyangga karet.
Kaliper Rem. Kaliper rem adalah bagian dari rem yang deket dengan ban mobil. Bagian ini sering basah jika mobil digunakan di jalan yang berair. Kalau kaliper basah pengereman menjadi tidak baik sehingga bisa membahayakan keselamatan ketika sedang mengemudikan kendaraan. Cara membersihkan kaliper rem yaitu, hidupkan mesin mobil agar hidrolik remnya diaktifkan kemudian injak pedal gas tipis saja lalu dilanjutkan dengan menginjak pedal rem perlahan-lahan. Hal ini akan membuat air yang menempel pada kaliper menjadi hilang.

Mengecek kelistrikan di kendaraan anda. Apakah kelistrikannya sudah sesuai standar ataukah belum karena hal ini penting sekali. Banyak mobil terbakar di jalan gara - gara ada masalah kelistrikan di mobilnya. Pastikan kabel - kabelnya tersambung dengan baik dan tidak ada yang longgar. Kalau semuanya sudah oke, cek semua lampu apakah menyala atau tidak. Semoga selamat sampai tujuan dan tidak ada sesuatu yang merugikan di jalan.

Ketersediaan toolkit. Cek kelengkapan dan kondisi tiap minggu untuk memastikan mereka selalu siap pakai. Taruh toolkit anda pada satu box khusus yang memang dipersiapkan bagi tooolkit sehingga tidak semua peralatan berada pada tempat yang sama sehingga jika suatu saat membutuhkan alat-alat tsb tidak bingung mencari tempat menyimpannya dimana.

Kondisi jok mobil. Bagi yang sering membuka kaca mobil saat berkendara salah satu resiko adalah jok mobil akan lebih msudah untuk kotor dan berdebu. Vacuum cleaner akan sangat membantu untuk kasus ringan seperti debu yang menempel.
Kebersihan bodi mobil. Bagian body mobil merupaka bagian yang paling mudahuntuk dikenali kondisinya namun apabila kita lengah bisa saja ada goresan yang tanpa disadari ada disana

Kebersihan kaca. Banyak pemilik mobil yang beranggapan bahwa jika mobil sudah dicuci maka segala nya sudah bersih termasuk kaca. Padahal kenyataanya masih ada bagian-bagian dari kaca yang masih kotor diantaranya adalah di sela-sela kaca yang tidak tersentuh. Bagianini perlu dibersihkan karen akalau dibiarkan akan membuat kaca kelihatan tidak bersih. Kotoran-kotoran yang nyempil di sudut frame kaca di bagian – bagian yang agak tersembunyi juga akan berpotensi membuat kaca kusam bahkan bisa menggores

Fungsi lampu mobil. Lampu mobil memiliki fungsi yang sangat vital terutama lampu utama di bagian depan. Jika lampu mobil bermasalah maka akan mengganggu fungsionalitas dari mobil itu sendiri. Lampu wajib dipastikan semuanya dalam kondisi baik. Karena bagaimanapun lampu-lamu tersebut akan membantu anda dan pengendara yang lain untuk tetap berada dalam kondisi  aman.
Cek oli. Oli merupakan salah satu bagian vital dalam sebuah kendaraan. Oli yang habis atau kering akan mengakibatkan kerusakan pada mesin. lakuakan pengecekan pada oli supaya bisa mengantisipasi masalah yang timbul akibat oli yang habis karena lupa ngecek. rutinitas memeriksa oli amat disarankan.

Cek air radiator. Hampir sama seperti saat mengecek oli, air radiator merupakan satu item yang harus diperiksa juga, apakah mengalami wadah air radiatornya masih berfungsi dengan baik atau tidak. Karena jika wadah air radiator maka akanbredmpak pada kerusakan mesin.
Kondisi aki. Aki merupakan penyuplai utama sistem kelistrikan kendaraan. Jika aki bermasalah maka dipastikan kendaraan anda akan mengalam masalah pula. Untuk menghindari masalah di kemudian hari lakukan pemeriksaan rutin seperti dilakukan memeriksa level indikatornya.

Keberadaan ban serep. Ban cadangan tidak selamanya digunakan. Seperti namanya ban cadangan fungsinya untuk menjaga-jaga manakala ban yang digunakan saat in bermasalah, misalnya kempes atau bocor. Walaupun tidak digunakan setiap saat namun ban serep tetap merupakan bagian penting dari mobil kita. Karena dengan meastikan kondisi ban serep berarti memastikan bahwa kita siapp menghadapi situas tiak terdug seperti ban bocor dini hari ata ada di tempat lain yang   tidak ada bengkel.

Demikian tips sederhana merawat mobil semoga bermanfaat


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.