Dampak Negatif Penyalahgunaan Narkoba Dan Psikotropika

13.03

Salah satu dampak dari penyalahgunaan napza yaitu salah satu atau beberapa jenis napza secara berkala atau teratur di luar indikasi medis, yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan fisik, psikis, serta gangguan fungsi sosial lainnya. Penyalahgunaan yang dilakukan dengan secara berlebihan dan terlalu sering akan menyebabkan ketergantungan. Yang dimaksud dengan ketergantungan adalah keadaan dimana seseorang telah terjadi ketergantungan fisik dan psikis, sehingga tubuh membutuhkan jumlah napza yang semakin banyak dan bertambah ( toleransi ), dan ajika pemakaiannya dikurangi atau dihentikan maka akan timbul gejala putus obat ( withdrawal symptom ).
Dampak negatif napza pada organ tubuh manusia.
1. Otak dan susunan saraf pusat yang berakibat hilangya daya ingat, gangguan konsentrasi, gangguan bertindak rasional, gangguan persepsi yang dapat menimbulkan halusinasi dan gangguan motivasi sehingga hilangnya semangat untuk sekolah atau bekerja, serta gangguan pada pengendalian diri yang akan sulit membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.
2. Akan terjadi radang paru pada bagian pernapanasan dan pembengkakan paru-paru.
3. Terjadi peradangan pada otot jantung, sera penyempitan pembuluh darah jantung.
4. Terjadinya hepatitis B dan C yang menular melalui jarum suntik, hubungan seksul.
5. Penyakit menular seksual ( PMS ) dan HIV / AIDS. Pengguna napza labih dikenal dengan perilaku seks resio tinggi, mereka hendak melakukan hubungan seksual demi memperoleh zat atau uang untuk membeli zat. Yang terjadi pada penyakit menular seksual adalah kencing nanah ( gonorrhoe ), raja singa ( syphilis ), dan lain sebagainya. Dan pengguna napza juga menggunakan alat jarum suntik secara bersama-sama membuat angka penularan HIV/AIDS semakin meningkat. Penyakit HIV/AIDS dapat menular melalui jarum suntik dan juga melalui hubungan seksual, selai dari tranfusi darah dan penularan dari ibu pada janin.
6. Pada kulit akan terdapat bekas suntikan bagi yang menggunakan jarum suntik, sehingga mereka memakai baju yang berlengan panjang.
7. Seringnya terjadi kemandulan pada sistem reproduksi.
8. Komplikasi pada kehamilan diantaranya : ibu akan mengalami anemia, infeksi pada vagina, hepatitis dan AIDS. Pada kandungan mengalami abortus, keracunan pada janin, banyak bayi ynag lahir mati, serta janin mengalami pertumbuhan ynag terhambat, prematur, berat badan bayi rendah.
Dampak penyalahgunaan napza di antaranya :
a. Perubahan pada fisik
1. Jalan terasa sempoyongan, bicaranya cadel, apatis ( acuh tak acuh ), mengantuk dan agresif.
2. Bila terjadi kelebihan dosis maka napas akan terasa sesak, denyut jantung dan nadi menjadi lambat, kulit terasa dingin, dan bahkan meninggal.
3. Pada saat sedang sakau maka terjadi mata akan memerah, hidung berair, sering menguap, diare, seluruh tubuh tersa sakit, mandi malas, kejang, serta kesadaran pada otakpun menurun.
4. Pengaruh jangka panjan akan berdampak pada penampilan yang idak sehat, tidak peduli terhadap kesehatannya dan kebersihan, gigi mulai keropos, terdapat bekas suntikan pada lengan.
b. Perubahan pada sikap dan perilaku
1. Tidak mengerjakan tugas sekolah, sering malas, prestasi menurun dan kurangnya rasa tanggung jawab.
2. Sering begadang malam, sulit untuk bangun di pagi hari, terlihat ngantuk saat belajar atau bekerja.
3. Sering menyendiri, senang berlama-lama di kamar mandi, dan menghindar apabila dijumpai leh keluarganya.
4. Seringnya berbohong, sering meminta uang dengan alasan yang tidak jelas, dan terlibat kekerasan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.