Dahsyatnya Gempa Bumi Di Nepal

03.42
Nepal adalah salah satu negara yang terletak Asia Selatan. Sebagian besar wilayah Nepal berbatasan langsung dengan India, di Barat berbatasan dengan Uttarakhand, Selatan dengan Uttar Pradesh dan Bihar, dan Timur berbatasan dengan Sikkim. Hanya di sebelah Utara saja yang berbatasan dengan negara selain India, tepatnya dengan China wilayah Tibet.



Nepal merupakan negara kecil yang berpenduduk hanya sekitar 30 Juta menurut hasil sensus tahun 2008. Secara garis besar, Nepal dihuni oleh dua etnis utama, yaitu etnis India dan Etnis China. Wajar hal demikian karena Sebagian besar wilayah Nepal dikelilingi oleh India, hanya bagian Utara nya saja yang bersentuhan dengan negara selain India, yaitu China sehingga pengaruh kedua negara tetangga tsb cukup dominan.

Seperti halnya negara tetangganya, India, Mayoritas penduduk Nepal beragama Hindu, sisanya Budha, Islam dan agama lainnya. Pengaruh India begitu kuat di Nepal sehingga dalam banyak hal Nepal memiliki kesamaan dengan India, selain Agama, bentuk-bentuk budaya India lainnya juga cukup kental di kalangan masyarakat Nepal. Walaupun demikian pengaruh China juga cukup menempati posisi yang dominan di kalangan masyarakat Nepal.

Sebagian besar penduduk Nepal tinggal di pedesaaan dan hidup mengandalkan hasil pertanian dan peternakan. Mereka menanam padi dan tanaman-tanaman pertanian lainnya karena makanan pokoknya penduduk Nepal adalah nasi. Seperti halnya ciri masyarakat pedesaan, penduduk Nepal juga terbiasa dengan peternakan yang mereka upayakan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sendiri maupun untuk tujuan komersial dijual kepada orang lain.

Gempa yang meluluhlantahkan Nepal, meruntuhkan bangunan-bangunan rata dengan tanah dan menewaskan tidak kurang dari 7.200 jiwa seolah menggugah ingatan kita tentang negara yang tidak pernah lepas dari gempa.



Gempa yang mengguncang Nepal dengan kekuatan 7,9 SR pada hari Sabtu tanggal 25 April 2015 itu betul-betul membuat negara sejuta kuil itu lumpuh. Betapa tidak, rumah dan bangunan hancur porak-poranda rata dengan tanah hampir tidak ada yang tersisa.

Mengapa Nepal diguncang gempa yang begitu dahsyat? Jawabnya adaah karena Nepal merupakan salah satu negara yang terletak di jalur lempeng tektonik. Menurut Brian Tucker, seorang pakar kegempaan mengatakan bahwa negara-negara lain yang rawan diguncang gempa dahsyat seperti yang terjadi di Nepal adalah Pakistan, Iran, Peru dan Indonesia. Ternyata negara kita menjadi salah satu negara yang mendapat peringatan akan mengalami gempa yang dahsyat lagi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.