Faktor - faktor produksi

13.31

Biasanya dalam membuat atau membuka suatu produk, ada beberapa faktor yang diperlukan. Dalam hal tersebut berkaitan dengan komponen, suku cadang dan tenaga ahli. Apabila hal itu merupakan bagian dari faktor produksi. Maka seorang ahli dokterpun ingin melakukan praktik yang perlu adanya ruangan, kursi, tempat tidur pasien, peralatan dokter dan juga tenaga asisten. Semua yang dibutuhkan dokter itu merupakan faktor produksi.

Apa sih yang dimaksud dengan faktor produksi ? Faktor produksi adalah apa apa yang dibutuhkan dalam memproduksi barang dan jasa. Jenis - jenis faktor produksi adalah alam ( natural resources ), tenaga kerja ( labor ), modal ( capital ), dan keahlian ( skill ) atau sumber daya pengusaha ( entrepreneurship ). Antara faktor produksi alam dan tenaga kerja ini disebut faktor produksi asli ( utama ). Sedangkan, modal dan keahlian adalah faktor produksi turunan.

Berikut ini adalah beberapa faktor - faktor produksi.

  1. Produksi alam. produksi alam adalah semua kekayaan yang terdapat di muka bumi yang bisa dimanfaatkan dalam proses produksi. Faktor alam ini di antaranya tanah, air, sinar matahari, udara, dan barang tambang.
  2. Produksi tenaga kerja. Produksi tenaga kerja yaitu faktor produksi yang tidak kalah saingnya dibandingkan dengan faktor produksi yang lainnya. Tenaga kerja adalah faktor produksi insani baik yang secara langsung maupun tak langsung dalam menjalankan kegiatan produksi. Kalaupun alat mesin telah banyak yang tersedia sebagai pelaksana kelancaran dalam produksi, tetapi keberadaan manusia sangatlah dibutuhkan. Karena mesin tidak akan menyala sendiri tanpa adanya tangan manusia. 
  3. Produksi modal. manfaat produksi modal adalah sebagai jalan untuk mempercepat atau menambah kemampuan dalam memproduksi.
  4. Produksi keahlian. Produksi keahlian dalam memproduksi ini sangatlah penting. Sebaik dan sehebat apa pun faktor produksi alam, tenaga kerja dan sebanyak apa pun modal yang dikeluarkan, apabila tidak dikelola dengan sungguh - sungguh ( tidak serius ) maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Jadi, secara keseluruhan faktor produksi yaitu keahlian atau keterampilan yang dimiliki setiap individu.   

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.